Langsung ke konten utama

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

Siapa di sini yang sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Meskipun sering dianggap sepele, bibir kering dan pecah-pecah bisa terasa sangat mengganggu. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab keringnya bibir kita seperti kebiasaan menjilat bibir, dehidrasi, alergi, perubahan cuaca, atau penggunaan lip product tertentu. Tapi tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat bibir pecah-pecah. Tips berikut ini tidak hanya mencegah, tapi juga dapat menyembuhkannya. Dicoba yuk!

Hindari Kandungan Tertentu dalam Lip Product

Merawat bibir pecah-pecahSudah berulang kali mengaplikasikan lip balm tapi bibir masih tetap kering? Coba perhatikan kandungan apa saja yang terkandung dalam produk. Ada beberapa kandungan pada lip balm yang sebenarnya dapat menyebabkan bibir Anda semakin kering. Jika lip balm yang Anda gunakan memiliki kandungan seperti alkohol, menthol, phenol, salicylic acid, atau vitamin E, itu bisa menjadi penyebab bertambah keringnya bibir Anda. Salicylic Acid memang dapat mengeksfoliasi sel kulit mati dari permukaan bibir kita, tapi dalam jangka panjang dapat menyebabkan bibir iritasi. Vitamin E yang terkenal baik untuk kulit pun bisa membuat bibir menjadi lebih kering, khususnya apabila Anda memiliki alergi terhadap Vitamin E. Sebagai alternatif dari vitamin E, Anda bisa menggunakan lip balm dengan kandungan argan oil, jojoba oil, atau avocado oil.

Rajin Mengeksfoliasi Kulit Bibir

Merawat bibir pecah-pecahEksfoliasi penting dilakukan untuk membuang sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan bibir. Lakukan hal ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu kulit bibir beregenerasi. Setelah melakukan eksfoliasi, jangan lupa balurkan pelembap pada bibir untuk mengunci kelembapan dan mencegah dehidrasi pada bibir. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeksfoliasi kulit bibir. Bisa dengan menggunakan lip exfoliator, homemade lip scrub, atau menggunakan sikat gigi yang digosokkan perlahan pada bibir. Ingat untuk selalu melakukan eksfoliasi dengan perlahan untuk mencegah terjadinya iritasi.

Rawat Bibir dengan Lip Mask dan Lip Esscence

Merawat bibir pecah-pecahTak hanya kulit wajah saja, kulit bibir pun dapat kita rawat menggunakan essence. Penggunaan essence pada bibir dapat membantu bibir pecah-pecah menjadi lebih cepat sembuh. Selain lip essence, coba juga untuk merawat kesehatan bibir dengan lip mask agar kulitnya kembali menjadi lembap, lembut, sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati. Perawatan ini penting dilakukan nih untuk Anda yang setiap hari menggunakan lipstik matte.

Hindari Penggunaan Lip Balm dengan Rasa dan Parfum

Merawat bibir pecah-pecahKandungan perasa dan parfum pada lip balm umum digunakan untuk menutupi aroma kurang enak dari kandungan lain yang digunakan. Namun sayangnya, keduanya sering menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada sebagian orang. Tak hanya perasa dan parfum yang berasal dari bahan kimia saja, lho. Perasa dan parfum yang didapatkan dari bahan alami juga memiliki dampak yang sama. Jadi, meskipun lip balm yang Anda gunakan memiliki label 100% natural, bukan berarti produk tersebut tidak berpotensi memicu munculnya alergi. Menggunakan lip balm yang memiliki rasa juga sering kali membuat kita ingin menjilati bibir. Seperti yang kita tahu, kebiasaan menjilati bibir akan membuat bibir menjadi semakin kering. Salah satu kandungan yang paling sering menimbulkan iritasi adalah peppermint oil dan menthol.

Gunakan Lip Balm yang mengandung SPF

Merawat bibir pecah-pecahSalah satu penyebab utama dari bibir kering dan pecah-pecah adalah sengatan sinar matahari. Bibir kita memiliki kulit yang sangat tipis dan tidak bisa mengunci kelembapan. Jika ditambah dengan terkena paparan sinar UV, akan semakin kering jadinya. Maka dari itu, selalu ingat untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF. Tetapi, kita juga harus tetap memerhatikan kandungan dari lip balm ber-SPF yang Anda gunakan. Hindari lip balm dengan chemical sunscreen seperti oxybenzone dan pilihlah lip balm dengan kandungan zinc oxide.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salah Beli Foundation dan Warnanya Lebih Terang Dari Warna Kulit? Ini yang Harus Anda Lakukan

Memilih warna foundation yang pas memang cukup tricky.  Diperlukan ketelitian dan pencahayaan yang tepat agar warna foundation benar-benar serupa atau paling tidak mendekati warna kulit Anda. Tapi, bagaimana kalau terlanjur membeli shade yang terlihat lebih terang? Eits, tidak perlu khawatir. Jangan langsung membuangnya, karena Anda masih bisa menggunakan foundation ini kok. Cukup ikuti beberapa langkah mudah ini agar foundation terlihat lebih alami dan menyerupai warna kulit asli. 1. Gunakan Bronzer di Beberapa Area Wajah Punya bronzer? Produk makeup ini biasanya memiliki warna yang lebih gelap. Nah, coba manfaatkan bronzer Anda sebagai penyeimbang warna foundation yang terlalu terang. Caranya, cukup sapukan bronzer menggunakan powder brush setelah Anda mengaplikasikan foundation. Fokuskan pada area kening, pipi, hidung dan dagu. Dengan bantuan ilusi gelap ini, warna terang dari foundation tidak terlalu jelas terlihat. 2. Pakai Bedak yang Warnanya Lebih Gelap Selain

Untuk Hasilkan Riasan yang Maksimal, Berikut Tips Memilih Kuas Makeup yang Tepat dan Berkualitas

Selain menggunakan produk makeup yang tepat, riasan dengan hasil yang flawless juga sangat bergantung pada cara Anda memilih aplikator yang digunakan. Dan salah satu aplikator makeup yang bisa diandalkan untuk mengaplikasikan berbagai jenis produk kecantikan adalah kuas. Tak bisa asal pilih saja, Anda memerlukan kuas yang berkualitas agar hasil makeup lebih maksimal. Selain menghasilkan makeup yang flawless , kuas makeup tepat dan berkualitas akan lebih awet dan juga aman untuk kulit. Bagi Anda yang sedang mencari kuas makeup yang tepat dan berkualitas, berikut 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli beauty tools ini. Pilih jenis kuas sesuai kebutuhan Berbeda produk makeup, berbeda pula jenis kuas makeup yang Anda butuhkan. Sebut saja flat brush yang bisa Anda pilih untuk mengaplikasikan foundation atau bedak supaya hasilnya lebih halus atau angled brush jika Anda membutuhkan kuas untuk mengaplikasikan kontur. Berbeda pula dengan fan brush yang bisa An