Langsung ke konten utama

Tips Mudah untuk Menghilangkan Blackheads di Area Wajah Anda

Bagi pemilik kulit berminyak, blackheads adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan. Berbeda dengan whiteheads, blackheads merupakan jenis komedo yang dapat menimbulkan titik-titik hitam di wajah. Titik-titik hitam ini terjadi karena minyak serta kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah terpapar dengan bakteri yang berada di udara. Masalah kulit ini tentunya harus segera diatasi karena pori-pori yang kotor jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya, salah satunya yaitu berkurangnya elastisitas kulit. Masih bingung cara untuk menghilangkan blackheads dari wajah Anda? Deretan tips berikut ini bisa diikuti untuk ‘melenyapkan’ blackheads di area wajah, seperti hidung, dagu, dan dahi, Anda!

Mencuci Wajah Setidaknya Dua Kali Sehari

Blackheads

Mungkin kedengarannya klise, tetapi mencuci wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari dapat membantu mencegah blackheads akibat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori Anda. Cucilah wajah Anda di pagi hari untuk menghilangkan bakteri dari sarung bantal yang mungkin telah menempel pada kulit. Lalu, pada malam hari sebelum tidur pastikan bahwa Anda mencuci wajah untuk menyingkirkan makeup dan kotoran yang melapisi kulit sepanjang hari. Gunakan pembersih wajah yang lembut seperti COSRX Low pH Good Morning Cleanser atau Senka Perfect Whip agar tidak mengiritasi kulit Anda.

Bersihkan Pori-Pori Kotor dengan Pore Strip

Blackheads

Jika menginginkan solusi untuk menghilangkan blackheads secara instan, Anda bisa menggunakan pore strip. Pore strip dapat membantu menghilangkan blackheads dengan cara mengeluarkan kotoran dan minyak yang tersumbat pada pori-pori kulit wajah. Hanya saja, perlu diingat bahwa metode ini tidak berarti dapat langsung menghilangkan blackheads selamanya dari kulit Anda. Pore strip hanya mengangkat kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit saja, atau blackheads yang baru muncul di pori-pori dalam jangka waktu yang singkat. Jika Anda ingin menghilangkan blackheads secara permanen, penggunaan pore strip tentunya harus dibarengi dengan perawatan kulit yang tepat pula.

Rutin Melakukan Eksfoliasi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Blackheads

Selain kotoran dan minyak, sel kulit mati adalah salah satu hal yang juga dapat menyumbat pori-pori Anda. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan eksfoliasi secara rutin dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang berkontribusi pada pembentukan blackheads di kulit. Jika memiliki jenis kulit sangat berminyak yang rentan terhadap blackheads, Anda dapat meningkatkannya hingga tiga kali seminggu. Fokuskan eksfoliasi pada daerah yang rentan terkena blackheads, yaitu hidung, dagu, serta dahi. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembap setelah Anda melakukan eksfoliasi. Jika Anda membiarkan kulit tetap kering, produksi minyak Anda akan semakin bertambah, menciptakan lebih banyak minyak, dan lebih banyak blackheads.

Cobalah Mikrodermabrasi

Blackheads

Perawatan kulit di klinik kecantikan tentunya juga bisa membantu mengatasi blackheads yang biasanya bersarang di hidung, dagu, dan dahi Anda. Jika Anda sudah familiar dengan perawatan facial, microdermabrasion atau mikrodermabrasi juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan blackheads yang membandel di kulit Anda. Tidak perlu khawatir, perawatan kulit mikrodermabrasi dikenal tanpa rasa sakit layaknya facial, tetapi bisa dengan efektif mengangkat sel kulit mati di lapisan permukaan serta merangsang produksi kolagen agar kulit semakin sehat.

Hindari Bahan-Bahan yang Dapat Menyumbat Pori-Pori

Blackheads

Selain rutin melakukan perawatan kulit, Anda juga perlu menghindari beberapa bahan tertentu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Dimethicone adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer, dan foundation yang digunakan untuk mengisi tekstur yang tidak rata dan garis-garis halus. Meskipun bahan tersebut tergolong aman untuk perawatan kulit, penggunaan dimethicone secara berlebihan sebenarnya telah terbukti dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat serta komedo. Coconut oil atau shea butter juga bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori sehingga perlu Anda hindari. Jika kulit Anda tergolong acne-prone atau berminyak, hindari produk berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan terbentuknya lebih banyak komedo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salah Beli Foundation dan Warnanya Lebih Terang Dari Warna Kulit? Ini yang Harus Anda Lakukan

Memilih warna foundation yang pas memang cukup tricky.  Diperlukan ketelitian dan pencahayaan yang tepat agar warna foundation benar-benar serupa atau paling tidak mendekati warna kulit Anda. Tapi, bagaimana kalau terlanjur membeli shade yang terlihat lebih terang? Eits, tidak perlu khawatir. Jangan langsung membuangnya, karena Anda masih bisa menggunakan foundation ini kok. Cukup ikuti beberapa langkah mudah ini agar foundation terlihat lebih alami dan menyerupai warna kulit asli. 1. Gunakan Bronzer di Beberapa Area Wajah Punya bronzer? Produk makeup ini biasanya memiliki warna yang lebih gelap. Nah, coba manfaatkan bronzer Anda sebagai penyeimbang warna foundation yang terlalu terang. Caranya, cukup sapukan bronzer menggunakan powder brush setelah Anda mengaplikasikan foundation. Fokuskan pada area kening, pipi, hidung dan dagu. Dengan bantuan ilusi gelap ini, warna terang dari foundation tidak terlalu jelas terlihat. 2. Pakai Bedak yang Warnanya Lebih Gelap Selain

Untuk Hasilkan Riasan yang Maksimal, Berikut Tips Memilih Kuas Makeup yang Tepat dan Berkualitas

Selain menggunakan produk makeup yang tepat, riasan dengan hasil yang flawless juga sangat bergantung pada cara Anda memilih aplikator yang digunakan. Dan salah satu aplikator makeup yang bisa diandalkan untuk mengaplikasikan berbagai jenis produk kecantikan adalah kuas. Tak bisa asal pilih saja, Anda memerlukan kuas yang berkualitas agar hasil makeup lebih maksimal. Selain menghasilkan makeup yang flawless , kuas makeup tepat dan berkualitas akan lebih awet dan juga aman untuk kulit. Bagi Anda yang sedang mencari kuas makeup yang tepat dan berkualitas, berikut 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli beauty tools ini. Pilih jenis kuas sesuai kebutuhan Berbeda produk makeup, berbeda pula jenis kuas makeup yang Anda butuhkan. Sebut saja flat brush yang bisa Anda pilih untuk mengaplikasikan foundation atau bedak supaya hasilnya lebih halus atau angled brush jika Anda membutuhkan kuas untuk mengaplikasikan kontur. Berbeda pula dengan fan brush yang bisa An

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

Siapa di sini yang sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Meskipun sering dianggap sepele, bibir kering dan pecah-pecah bisa terasa sangat mengganggu. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab keringnya bibir kita seperti kebiasaan menjilat bibir, dehidrasi, alergi, perubahan cuaca, atau penggunaan lip product  tertentu. Tapi tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat bibir pecah-pecah. Tips berikut ini tidak hanya mencegah, tapi juga dapat menyembuhkannya. Dicoba yuk! Hindari Kandungan Tertentu dalam Lip Product Sudah berulang kali mengaplikasikan lip balm tapi bibir masih tetap kering? Coba perhatikan kandungan apa saja yang terkandung dalam produk. Ada beberapa kandungan pada lip balm yang sebenarnya dapat menyebabkan bibir Anda semakin kering. Jika lip balm yang Anda gunakan memiliki kandungan seperti alkohol,  menthol , phenol, salicylic acid , atau vitamin E , itu bisa menjadi penyebab bertambah keringnya bibir Anda. Salicylic